Thursday 17 March 2016

KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL

A. Komunikasi Intrapersonal

Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Proses pengolahan informasi komunikasi intrapersonal terdiri dari:
     1. Sensasi
Sensasi adalah proses penerimaan dan pengolahan informasi dalam diri individu di mulai dari proses penerimaan informasi pertama atau yang paling awal.
     2. Persepsi
Persepsi adalah proses menyusun, mengenali dan menafsirkan informasi sensorisguna memberikan gambaran dan pemahaman mengenai suatu obyek.
     3. Memori
Memori adalah sistem yang sangat berstruktur yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing prilakunya. Memori terdiri dari beberapa jenis yaitu pengingatan, pengenalan, belajar lagi, dan redintergrasi
     4. Berpikir
Berpikir adalah berkembangnya ide dan konsep di dalam diri individu.


B. Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan orang lain yang biasanya diantara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. Komunkasi interpersonal dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
    1. Komunikasi Diadik
Komunikasi diadik adalah komunikasi antarpribadi yang berlangsung antar dua orang yakni orang pertama adalah komunikator yang menyampaikan pesan dan orang kedua adalah komunikan atau penerima pesan.
    2. Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah suatu komunikasi yang dilakukan pada banyak orang.
    3. Komunikasi Kelompok Kecil
Komunikasi kelompok kecil adalah komunikasi yang berlangsung yang berlangsung secara tatap muka karena komunikator dan komunikan berada dalam situasi yang saling berhadapan dan saling melihat.

Tujuan komunikasi interpersonal adalah:
  • Menemukan diri sendiri
  • Menemukan dunia luar
  • Membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti
Hubungan Interpersonal
Hubungan interpersonal adalah hubungan antara seseorang dengan orang lain. Komunikasi yang efektif ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik. Untuk menumbuhkan dan meningkatan hubungan interpersonal perlu meningkatkan kualitas komunikasi dengan cara:
  • Percaya (Trust)
  • Sikap terbuka 

trisusilo.hidayati

No comments:

Post a Comment