Tuesday 22 March 2016

HUMAN FACTORS AND ERGONOMICS



Video 2 Ergonomics For Women (Safety@Work Creative Awards 2013)

A.    Alur Cerita Video
Seorang wanita yang berprofesi sebagai sekretaris ketika bekerja menggunakan high heels diamana hal tersebut secara tidak langsung membuat dia tidak nyaman dan tentunya membahayakan kesehatan dirinya. Suatu ketika dia membawa barang berat tentunya high heels tersebut memberi tekanan keatas dan beban yang dibawa memberi tekanan kebawah sehingga mengakibatkan persendian atau tulang kita mengalami fatigue yang dapat mengakibatkan rapuh ataupun patah. Contoh pada gambar dibawah ini:

            Kemudian setelah mengetahui hal tersebut high heels pun diganti dengan sepatu tanpa high heels tentunya akan mempermudah aktivitas atau pekerjaan dan tentunya sehat, nyaman dan selamat. Seperti gambar dibawah ini:

            Ketika wanita tersebut sampai diruang kerjanya dia mengerjakan tugas pekerjaannya yaitu mengetik didepan komputer. Namun, kendala terjadi ketika dia mengetik yaitu kukunya yang panjang mengakibatkan dia sulit untuk mengetik dan tentunya dapat membahayakan kesehatannya karena apabila tebiasa mengetik dengan sedikit naik akan mengakibatkan sendi dalam pergelangan tangan lama kelamaan letih, retak hingga hancur, disampinfg itu dari segi waktu tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau membuang efisiensi waktu kerja dirinya sendiri. Seperti gambar dibawah ini:
   


            Kemudian setelah wanita tersebut memotong kukunya tentu mempermudah pekerjaannya, membuat nyaman dia bekerja dan kesehatan ataupun keselamatan kerja dapat terjaga. Seperti gambar dibawah ini:

            Kemudian ketika wanita tersebut berjalan terlihat sangat kesulitan dan terlihat memaksakan, hal ini dikarnakan karena pemakaian ikat pinggang yang terlalu erat dan posisi terlalu diatas tentu ini dapat mengakibatkan kondisi tubuh tertekan dan organ dalam tubuh akan terancam karena tekanan yang diberikan oleh ikat tersebut, hal ini tentunya tidak nyaman dan mengancam kesehatan dirinya. Seperti gambar dibawah ini:

            Kemudian setelah ikat pinggang tersebut dikendorkan dan posisinya agak diturunkan, dia pun merasa nyaman dan senang tidak tertekan seperti sebelumnya.


B.     Analisis Video
1.      Permasalahan
·         Memakai sepatu high heels yang tidak sesuai dengan aktivitasnya
·         Kuku tangan yang panjang, membuat sulit ketika mengetik
·         Ikat pinggang yang terlalu kencang dan diatas yang membuat sulit bergerak
2.      Solusi
·         Mengganti sepatu high heels dengan sepatu tanpa high heels
·         Memotong kuku tangannya
·         Mengendorkan ikat pinggang dan agak menurunkannya ketika dipakai
3.      Hubungan
Jadi berdasarkan analisa permasalahan dan solusi dapat disimpulkan bahwa peralatan atau alat atau sesuatu yang digunakan oleh manusia itu menyesuaikan manusianya jadi hubungannya dengan HFE adalah pekerjaan yang menyusaikan manusi, bukan manusia yang menyesuaikan pekerjaan.



No comments:

Post a Comment