Thursday 15 February 2018

SABA SAKOLA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN CIAMIS BERSAMA TARUNA PKTJ TEGAL PADA BULAN KESELAMATAN FEBRUARI-APRIL 2018




Keselamatan dalam berlalu lintas merupakan hal yang sangat penting untuk menekan angka kecelakaan yang semakin meningkat. Berbagai kecelakaan lalu lintas yang terjadi dewasa ini disebabkan oleh beberapa faktor dan perlu dilalukan suatu pencegahan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Perlu kita ketahui bersama bahwa hal yang paling utama untuk mencegah ataupun mengurangi tingkat keparahan kecelakaan lalu lintas adalah dengan meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Melihat begitu pentingnya keselamatan pengguna jalan untuk mengurangi angka kecelakaan serta fatalitas, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mempunyai salah satu cara yang ampuh yaitu SABA SAKOLA.

SABA SAKOLA merupakan sesuatu kegiatan sosialisasi tentang tertib dan selamat berlalu lintas pada kalangan pelajar yang dikemas dengan berbagai runtutan acara menarik. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun kisaran bulan Februari – April dimana dari pelaksanaannya dari tahun ke tahun sudah mengalami perbaikan. Kegiatan SABA SEKOLA ini begitu menarik dengan berbagai acara diantranya sosialisasi keselamatan lalu lintas, game interaktif yang berhubungan dengan keselamatan lalu lintas, penampilan ekstrakulikuler yang dapat digunakan untuk ajang pengembangan bakat dari suatu sekolah dan yang sangat dibutuhkan oleh pelajar sekolah adalah menghafal cepat yang nantinya akan didatangkan seorang pelatih khusus untuk mengenalkan apa itu menghafal cepat dan bagaimaan cara menghafal cepat. Pada tahun sebelumnya SABA SAKOLA ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, namun untuk tahun 2018 sedikit berbeda pelaksanaannya dengan tahun kemarin karena terdapat tambahan personil dan daya tarik yang lebih karna kebetulan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis dijadikan tempat Praktek Kerja Profesi (PKP) oleh Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal sehingga untuk pelaksanaan SABA SAKOLA 2018 akan ditemani oleh Taruna PKTJ Tegal TIM PKP Kabupaten Ciamis” ujar Edy Yulianto, Sekdis Dishub Kab. Ciamis.
“Kami siap membantu dan melancarkan pelaksanaan SABA SAKOLA yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, jauh hari kami sudah membuat desain pamphlet dan poster untuk mempromosikan dan mempublish kegiatan ini. Disamping itu, kegiatan ini merupakan salah satu kesempatan kami untuk mengembangkan kompetensi kampanye keselamatan lalu lintas pada prodi DIV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan dapat di kampus untuk kami terapkan dilapangan” ujar Dewa Gede Tantara, Ketua Tim PKP Kab. Ciamis.

Harapan  dari kegiatan SABA SAKOLA ini dapat bermanfaat bagi pelajar di Kabupaten Ciamis guna meningkatkan keselamatan berlalu lintas yang bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Ciamis dan bagi taruna PKTJ Tegal kegiatan ini dapat digunakan sebagai pengalaman yang pastinya tidak didapatkan di tempat lain sehingga ketika taruna PKTJ Tegal kembali ke kampus memiliki pengalaman langsung dilapangan yang lebih dan bisa diterapkan atau diperbaiki pada saat mereka masuk kedunia kerja yang sesungguhnya.




No comments:

Post a Comment