Tuesday 14 November 2017

SOP Berkendara dengan Selamat secara Teori

Keselamatan berlalu lintas adalah kegiatan berlalu lintas yang terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi, dalam berkendara agar terciptanya keselamatan harus berawal dari pribadi individu masing-masing. Setiap individu harus menanamkan jiwa transportasi yang berkeselamatan, tentu hal ini sangat membantu dan memberi dampak besar untuk keselamatan transportasi darat di Indonesia. Oleh karena itu buku ini dibuat untuk memandu para pengendara motor untuk peduli terhadap keselamatan diri melalui beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menjamin keselamatan saat berkendara.
Beberapa hal yang harus dan wajib diperhatikan oleh pengendara sepeda motor agar terwujudnya keselamatan dalam berkendara. Beberapa hal tersebut antara lain: 
             1.       Pengetahuan Pengendara
             2.       Kondisi Pengendara
             3.       Kondisi Sepeda Motor
             4.       Kelengkapan Pengendara
Tiga hal tersebut merupakan langkah awal bagi pengendara sepeda motor agar terciptanya keselamatan dala melakukan kegiatan transportasi.

Apabila hal tersebut dapat dilakukan oleh masing-masing individu pengendara sepeda motor maka tentu hal ini akan menjamin berkurangnya kecelakaan lalu lintas sepeda motor bahkan hingga mencapai zero accident sesuai dengan visi/misi dari Decade of Action for Road Safety 2010-2020.

A.    PENGETAHUAN PENGENDARA
Selain dari beberapa hal penting diatas hal yang tak kalah penting yang perlu ada dalam pengendara sepeda motor yaitu pengetahuan pengendara dalam berlalu lintas. Dalam berlalu lintas ada beberapa komponen yang harus diketahui oleh pengendara sepeda motor anatara lain:
1.       Peraturan Lalu Lintas
Peraturan lalu lintas merupakan segala aturan atau kaidah kaidah yang ada dalam berlalu lintas yang diatur sedemikian rupa agar tercipta ketertiban dalam berlalu lintas dan apabila dilanggar akan mendapatkan sanksi tegas dari pihak berwenang baik berupa lisan atau tertulis bahkan denda.
2.       Rambu Lalu Lintas
Rambu lalu lintas merupakan fasilitas perlengkapan jalan yang bertujuan memberi informasi kepada pengendara agar terciptanya keselamatan dalam berlalu lintas.
3.       Marka Jalan
Marka jalan merupakan fasilitas perlengkapan jalan berupa garis garis yang terdapat pada jalan.

A.    Kondisi Pengendara
Dalam berkendara tentunya kondisi tubuh pengendara merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan. Kondisi tubuh pengendara merupakan salah satu faktor penentu anda selamat atau tidaknya dalam berkendara. Hal yang harus diperhatikan antara lain kondisi kesehatan fisik, tubuh harus dalam keadaan fit dan pengendara harus tidak dalam keadaan emosi ketika berkendara.
A.     Kondisi Sepeda Motor
1.      Ban
Periksa tekanan angin sesuai standar dan keausan alur ban. Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis. Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil ketika menikung.
2.      Rem
Periksa rem depan dan belakang, apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman. Ingat! Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.
3.      Kaca Spion
Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas. Merupakan hal yang penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.
4.      Lampu-Lampu
Pastikan lampu sein, lampu rem, dan lampu depan berfungsi dengan baik. Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan Anda karena sepeda motor berbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil, pengendara sepeda, dan pejalan kaki.
A.    Kelengkapan Pengendara
Dalam berkendara, kelengkapan berkendara merupakan faktor penting dalam melakukan perjalanan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan dari kejadian yang tak diinginkan. Sebagai pengendara yang peduli keselamatan adapun beberapa kelengkapan pengendara yang harus digunakan saat melakukan perjalanan antara lain:  
      1.      Helm
Helm  berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang sangat vital yaitu kepala. Pilihlah helm yang berwarna terang, sesuai dengan ukuran kepala dan sudah standar SNI (Standar Nasional Indonesia).
Ketika mengunakan helm, pastikan tali pengikat dagu sudah terpasang dengan benar. Helm fullface lebih baik melindungi kepala daripada helm halfface.
      2.      Jaket 
Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan pakaian dan jaket lengan panjang. Pakaian tersebut dapat mengurangi efek tergores dan benturan ketika terjatuh.
Pilihlah pakaian yang sesuai ukuran badan, sehingga tubuh bisa bebas melakukan gerakan. Disarankan pula untuk memakai jaket dengan warna yang terang dan mudah dilihat ketika mengendarai sepeda motor di jalan, pada siang maupun malam hari.
      3.      Celana Panjang
Celana yang menutupi seluruh bagian kaki juga harus dikernakan karena dapat mengurangi efek tergores apabila terjadi benturan atau terjatuh.
      4.      Sarung Tangan 
Perlengkapan ini juga wajib digunakan, fungsinya untuk melindungi tangan dari luka gores, ketika terjatuh. Selain itu juga memberikan kenyamanan dalam menggenggam kemudi, dan melindungi dari udara dingin. Untuk perlindungan yang lebih baik, pergunakan sarung tangan dengan bahan kulit.
      5.      Sepatu 
Berkendara sepeda motor adalah pekerjaan serius, jadi harus benar-benar dipersiapkan dengan penuh keseriusan pula. Salah satunya  yaitu melengkapi diri dengan selalu menggunakan sepatu.
Fungsi perlengkapan ini tentunya untuk melindungi kaki dari cedera, ketika motor terjatuh. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, kemudian memiliki kelengkapan tumit dan punya tapak yang tidak licin.

Adapun kelengkapan hukum yang harus dibawa dalam berkendara antara lain:
a.       STNK atau STCK
b.       Surat Izin Mengemudi (SIM)


c.       Surat bukti lainnya yang bersangkutan


Created: I Dewa Gede Tantara Tesa Putra
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal JAWA TENGAH

No comments:

Post a Comment