Friday 13 January 2017

JAKET ( Hal sepele yang tak pernah kita pikirkan, menentukan umur kita) FUNGSI JAKET, CARA MENGGUNAKAN JAKET KESELMATAN YANG BAIK DAN BENAR

Image result for jaket keselamatan berkendara
Jaket Keselamatan Berkendara adalah salah satu komponen keselamatan berkendara yang bertujuan untuk melindungi bagian tubuh khususnya badan dari benturan atau hal yang tidak dinginkan.

Fungsi dari Jaket Keselamatan
- Melindungi tubuh dari benturan
- Menjaga kondisi tubuh pengendara
- Menjaga suhu tubuh pengendara (Biar nda masuk angin hehehe :p)

Sebagai tanda bahwa ada kendaraan didepan ketika malam hari (Asalkan jaketnya berwarna cerah ya guyyysss :p)


Cara Menggunakan Jaket Keselamatan yang Baik dan Benar

- Gunakanlah jaket motor harian yang gampang dipakai, contohnya janganlah menentukan jaket yang terlau banyak tali temalinya, dikarenakan ini dapat mebahyakan pada waktu perjalanan. Bisa-bisa ada salah satu komponen motor yang “mbundet” atau … dengan tali yang ada pada jaket anda.
- Pakai jaket motor harian yang cocok dengan ukuran badan anda, nyaman didalam artian tidak longgar serta tidak terlampau sempit. Jika kata Rhoma Irama “ Yang sedang sedang saja” hehe :p
- Sebaikanya memakai jaket motor harian yang menutupi sisi leher, pergelangan tangan serta pinggul, membuat perlindungan seluruh bagian badan lebih maksimal serta terhindar dari terpaan angin yang menusuk .dan juga  antisipasi ringan  jika anda terjatuh, seminim – minimnya anda tidak lecet / terkena benturan aspal / jalanan.
- Pakai jaket motor dengan warna yang terang, supaya tampak jelas pada waktu malam. Ini mungkin sepele tapi sangat fatal akibatnya jika tidak diperhatikan dengan baik, jangan sampai pengendara motor (anda) tidak kelihatan jika berkendara pada malam hari
- Pakai jaket motor harian dengan bahan yang pas, untuk siang hari gunakan bahan yang tidak terlampau tidak tipis, namun untuk malam hari pakai jaket motor harian yang lebih agak tebal supaya badan terus hangat. Akhir – akhir ini cuaca sangat tidak stabil. Jika siang hari panas sekali, tetapi jika malam kebalikannya. Super dingin L


Bahan yang Baik untuk Membuat Jaket Keselamatan

- Taslan, salah satu  bahan jaket motor yang bagus adalah taslan. Taslan ini banyak digunakan untuk bahan jaket motor karena sifatnya anti air/waterproof dan tidak mudah tembus angin. Mungkin sepintas taslan mirip dengan parasut tetapi sebenarnya berbeda. Taslan lebih tebal dari parasut namun ringan dan kuat.
- Fleece, bahan fleece sangat cocok untuk jaket motor jika cuaca sedang dingin. Hal itu karena fleece terbuat dari campuran cotton dan wool yang dapat menahan panas tubuh dengan sangat baik. Pemakai jaket motor berbahan fleece pun akan merasa hangat. Bahan fleece tergolong tebal dan bertekstur lembut serta menyerap air.
- Baby Terry, bahan baby terry terbilang lebih tipis daripada fleece tapi masih tergolong tebal. Meski tebal, bahan baby terry nyaman sekali digunakan karena tidak panas dan nyaman. Bagian luar baby terry terlihat seperti kaos, tetapi bagian dalamnya seperti handuk. Cocok sekali untuk digunakan sebagai bahan jaket motor bagi negara beriklim tropis, seperti Indonesia.
- Kulit, kulit juga merupakan salah satu bahan jaket motor yang bagus. Kulit alami atau kulit yang berasal dari kulit hewan asli memiliki daya serap sangat baik, kuat, dan tidak tembus angin. Sedangkan, kulit sintetik atau bahan kulit yang dipadukan dengan bahan lubrikan punya daya serap keringatnya kurang, tetapi tetap kuat dan tidak tembus angin.
- Denim atau Jeans, tak hanya dipakai untuk celana dan baju, bahan denim atau jeans juga digunakan untuk bahan jaket motor. Coraknya unik dan teksturnya yang kuat membuat banyak orang menyukai jaket dari bahan denim atau jeans.

Mungkin itu yang dapat disampaikan oleh saya ditunggu lagi ya komponen keselamatan berkendara selanjutnya see uuuu guuuyyssss :D :)


Refrensi :
http://www.jaketrespiro.com/cara-memilih-jaket-motor-harian.html
http://mrc.motorave.co.id/news/hj.jpg
http://distrojaketmotor.com/jenis-dan-bahan-jaket-motor-anda.html



No comments:

Post a Comment